Sabtu, 05 September 2020

CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH.

 

LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH

( BDR)

DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

 

DISUSUN OLEH :

 

NAMA                

NIP                                : DATADIKDASMEN.COM

TEMPAT TUGAS        : SDN 006 BENGKONG

KELAS                         : 6 ( ENAM)

 

 

 

SDN 006 BENGKONG  

KOTA BATAM

PROVINISI KEPULAUAN RIAU

2020

 

DAFTAR ISI

 

 

HALAMAN JUDUL.................................................................................   

DAFTAR ISI..............................................................................................   

 

A   Pendahuluan.......................................................................................

B. Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah .......................................

C. Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah .......................................

D. Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah.....................

1.      Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring......

2.      Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring..........................

E. Sasaran Pelaksanaan Belajar Dari Rumah.......................................

F. Ruang Lingkup....................................................................................

1.      Perencanaan...................................................................................

2.      Pemetaan dan Analisis Kegiatan....................................................

3.      Materi Ajar......................................................................................

4.      Pelaksanaan Pembelajaran............................................................

5.      Penilaian (Evaluasi)........................................................................

G. Hasil Laporan Kegiatan......................................................................

 

LAMPIRAN..............................................................................................   


 

A. Pendahuluan

 

Sukses dan keberhasilan dalam belajar mengajar peran guru sangat menunjang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Untuk memperbaiki strategi belajar, guru perlu menentukan dan membuat perencanaan pengajaran secara seksama.

 

Apalagi ditengah kondisi pandemi COVID-19  saat ini dimana guru harus memiliki strategi belajar mengajar, penggunaan metode pengajaran maupun perilaku dan sikap guru dalam mengelola proses belajar mengajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran selama program belajar di rumah. Semua ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2019/2020. 

 

Telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana.

 

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh sebagai bukti administratif. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat COVID-19 .

 

Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ) melalui penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ), dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

 

1.      Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19 ; dan

2.      Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran.

 

Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat. Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.


B. Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

 

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19  secara umum bertujuan untuk:

1.      Memastikan pemenuhan hak peserta didik SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19 ;

2.      Melindungi warga satuan pendidikan SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dari dampak buruk COVID-19 ;

3.      Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19  di satuan pendidikan SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  ; dan

4.      Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  .

 

Dan pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19  secara khusus bertujuan untuk:

 

1.      Memberikan wadah bagi peserta didik kelas 6  SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..

2.      Memudahkan peserta didik kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.

3.      Menyediakan bahan ajar dan aktiItas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.

4.      Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.

 

C. Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

 

BDR di SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COID 19), yaitu:

1.      Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;

2.      Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;

3.      BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19 ;

4.      Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik;

5.      AktiItas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR;

6.      Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif; dan

7.      Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.

 

 

D. Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

 

Dalam pelaksanaan kegiatan BDR SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan: pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring)  dan pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring)

 

1.      Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring

 

Pembelajaran di rumah yang dilakukan secara daring /online menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui group Whatsap dan Aplikasi Google Drive Forms.

 

2.      Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring

Pembelajaran di rumah secara luring dalam masa BDR dapat dilaksanakan melalui:

a.       teleIsi, contohnya Program Belajar dari Rumah melalui TVRI;

b.      radio;

c.       modul belajar mandiri dan lembar kerja;

d.      bahan ajar cetak; dan

e.       alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.

 

E. Sasaran Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Saaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik kelas 6  SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  Jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak 15 peserta didik.

 

F. Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.

 

1.      Perencanaan

Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, meliputi pengembangan materi/bahan ajar dan penyusunan kuis.

 

2.      Pemetaan dan Analisis Kegiatan

Fungsi pemetaan dan analisis rencana kegiatan pembelajaran Daring adalah untuk menentukan metode dan jenis aplikasi apa yang paling cocok digunakan untuk pembelajaran daring di SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  . Karena tidak semua jaringan internet memadai di semua siswa SDN Sonorejo.

 

3.      Materi Ajar

Untuk materi ajar yang kami berikan pada kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  meliputi :

a.       Penuntasan materi pelajaran tema 8 dan tema 9

b.      Materi persiapan evalauasi / Ujian Online

c.       Materi belajar TVRI

d.      Kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan membantu orang tua

e.       Kegiatan yang berkaitan dengan religius / keagamaan

f.       Kegiatan yang berkaiatan dengan kesehatan

 

4.      Pelaksanaan Pembelajaran

Guru membagikan materi/bahan ajar dan tugas (kuis) melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dengan target 15 peserta didik. Peserta didik membaca materi dan mengerjakan tugas (kuis) dari rumah dengan alokasi waktu yang disepakati.

 

5.      Penilaian (Evaluasi)

Guru memberikan nilai dari beberapa foto kegiatan dan penginputan nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui email masing-masing.

 

G. Hasil Laporan Kegiatan

1.      Laporan Pembelajaran Daring tanggal 11 Maret s/d 31 Maret

Berikut ini langkah kegiatan pembelajaran daring untuk tahap awal

v  Jadwal kegiatan

a.      Hari Senin

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah, khususnya sholat shubuh.

b.      Hari Selasa

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru

c.       Hari Rabu

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)

d.      Hari Kamis

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru

e.       Hari Jumat

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan kegiatan baca Al’Quran

f.       Hari Sabtu

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)

 

v  Laporan kegiatan

Tabel 1.1 Kegiatan Harian

NO

TANGGAL

URAIAN KEGIATAN

KET.

1

13 Juli 2020

Ø  Perencanaan Kegiatan Belajar Daring

 

2

14 Juli 2020

Ø  Pemetaan dan analisis Persiapan kegiatan Daring

 

3

15 Juli 2020

Ø  Pembentukan Group belajar Whatsap

 

4

16 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 1 Subtema 1

Ø  Dan foto kegiatan

 

5

17 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 1 Subtema 1

Ø  Soal daring dari google forms

 

6

18 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 1 Subtema 1

Ø  Foto kegiatan

Ø  Materi MTK

 

7

20 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 1

Ø  Soal daring dari google forms

 

8

21 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2

Ø  Foto kegiatan

 

9

21 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2

Ø  Foto kegiatan olahraga

 

10

23 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2

Ø  Pemberian materi MTK

 

11

24 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2

 

12

25 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3

Ø  Soal google forms

 

13

26 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3

Ø  Foto kegiatan

 

14

27 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3

Ø  Soal google froms

 

15

28 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3

Ø  Foto kegiatan

 

16

30 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 1

Ø  Materi MTK

Ø  Foto kegiatan

 

17

31 Juli 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9  Subtema 1

Ø  Soal google froms

 

 


 

Tabel 1.2 Partisipasi Kegiatan Harian

No

Nama Siswa

Partisipasi Siswa

Tanggal

16

17

18

19

20

21

23

24

26

27

28

30

31

1

 

v

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

v

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

v

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

v

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Catatan kegiatan :

Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :

a.       Ada beberapa siswa yang belum memiliki HP / Android

b.      Kendala sinyal siswa

c.       Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet

d.      Siswa belum terbiasa dengan metode daring / online

Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret diantaranya :

a.       Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang diberikan

b.      Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya

c.       Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua

 

2.      Laporan Pembelajaran Daring tanggal 1 April s/d 18 April

Berikut ini langkah kegiatan pembelajaran daring untuk tahap bulan ke-2

v  Jadwal kegiatan

a.      Hari Senin

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah, khususnya sholat shubuh.

b.      Hari Selasa

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru

c.       Hari Rabu

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)

d.      Hari Kamis

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru

e.       Hari Jumat

·         Pembelajaran materi tema

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan kegiatan baca Al’Quran

f.       Hari Sabtu

·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)

g.      Mulai tanggal 13 Mei 2020 dilaksanakan ujian online / daring

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 1.3 Kegiatan Harian

NO

TANGGAL

URAIAN KEGIATAN

KET.

1

1 Mei 2020

Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 1

Ø  Dan foto kegiatan

 

2

2 Mei 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2

Ø  Pemberian soal online

Ø  Dan foto kegiatan

 

3

3 Mei 2020

Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2

Ø  Dan foto kegiatan

 

4

4 Mei 2020

Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2

Ø  Dan foto kegiatan

 

5

6  Mei 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2

Ø  Pemberian materi MTK

Ø  Dan foto kegiatan

 

6

7 Mei 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3

Ø  Pemberian soal online

Ø  Dan foto kegiatan

 

7

8 Mei 2020

Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3

Ø  Dan foto kegiatan

 

8

9 Mei 2020

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3

Ø  Pemberian soal online

Ø  Dan foto kegiatan

 

9

11 Mei 2020

Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi

Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3

Ø  Dan foto kegiatan

 

10

13 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online Bahasa Indonesia

 

11

14 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online MTK

 

12

15 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online IPA

 

13

16 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online PKN

 

14

17 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online IPS

 

15

18 Mei 2020

Ø  Pemberian Soal Ujian Online SBK

 

  1.4 Partisipasi Kegiatan Harian

No

Nama Siswa

Partisipasi Siswa

Tanggal

1

2

3

4

6

7

8

9

11

13

14

15

16

17

18

1

 

V

V

V

V

V

V

 

V

 

V

V

V

V

V

V

2

 

V

V

V

V

V

 

V

V

 

V

V

V

V

V

V

3

 

V

V

V

 

 

 

 

 

 

V

V

V

V

V

V

4

 

V

V

V

V

V

 

 

 

V

V

V

V

V

V

V

5

 

 

V

V

V

V

 

V

 

 

V

V

V

V

V

V

6

 

V

V

V

V

V

 

 

V

 

V

V

V

V

V

V

7

 

 

V

V

 

 

V

 

 

 

V

V

V

V

V

V

8

 

V

V

V

 

 

 

 

 

V

V

V

V

V

V

V

9

 

 

V

V

V

V

 

 

 

 

V

V

V

V

V

V

10

 

 

V

V

 

 

 

V

 

V

V

V

V

V

V

V

11

 

 

V

V

V

V

V

 

 

 

V

V

V

V

V

V

12

 

V

V

V

 

 

 

 

V

 

V

V

V

V

V

V

13

 

V

V

V

V

V

 

 

 

 

V

V

V

V

V

V

14

 

V

V

V

 

 

V

 

 

V

V

V

V

V

V

V

15

 

 

V

V

 

 

 

 

V

 

V

V

V

V

V

V

 

 

Catatan kegiatan :

Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :

a.       Semua siswa telah memiliki HP / Android

b.      Kendala sinyal siswa

c.       Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet

d.      Siswa mulai jenuh dengan metode belajar online

Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret diantaranya :

a.       Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang diberikan

b.      Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya

c.       Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua

d.      Siswa menjadi banyak tau referensi materi – materi dari situs daring/online

 

H. Penutup

 

Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh I SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  dengan Sistem Daring kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah dan Dinas Terkait atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.

LAMPIRAN……

1 komentar:

Foto Kami Ini