LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI
RUMAH
( BDR)
DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19
DISUSUN OLEH
:
NAMA
NIP :
DATADIKDASMEN.COM
TEMPAT TUGAS :
SDN 006 BENGKONG
KELAS :
6 ( ENAM)
SDN 006 BENGKONG
KOTA BATAM
PROVINISI KEPULAUAN RIAU
2020
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................
DAFTAR ISI..............................................................................................
A Pendahuluan.......................................................................................
B.
Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah .......................................
C.
Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah .......................................
D.
Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah.....................
1.
Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring......
2.
Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring..........................
E.
Sasaran Pelaksanaan Belajar Dari Rumah.......................................
F.
Ruang Lingkup....................................................................................
1.
Perencanaan...................................................................................
2.
Pemetaan dan Analisis Kegiatan....................................................
3.
Materi Ajar......................................................................................
4.
Pelaksanaan Pembelajaran............................................................
5.
Penilaian (Evaluasi)........................................................................
G.
Hasil Laporan Kegiatan......................................................................
LAMPIRAN..............................................................................................
A. Pendahuluan
Sukses
dan keberhasilan dalam belajar mengajar peran guru sangat menunjang dalam upaya
meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Untuk memperbaiki strategi
belajar, guru perlu menentukan dan membuat perencanaan pengajaran secara
seksama.
Apalagi ditengah kondisi pandemi COVID-19
saat ini dimana guru harus memiliki strategi
belajar mengajar, penggunaan metode pengajaran maupun perilaku dan sikap guru
dalam mengelola proses belajar mengajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran selama program belajar di rumah. Semua
ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2019/2020.
Telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun
2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah
diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan; dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana.
Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di
rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh sebagai
bukti administratif. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan
guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan
waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat COVID-19 .
Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan
layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19
) melalui penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Surat
Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa
Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ), dengan hormat kami
sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus
Disease (COVID-19 ) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol
penanganan COVID-19 ; dan
2. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring
dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari
Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran.
Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara
daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan
sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat. Kegiatan pembelajaran
secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah
dalam penyebaran materi kepada peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.
B. Tujuan
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19
secara umum bertujuan untuk:
1. Memastikan pemenuhan hak peserta didik SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten
Bojonegoro Jawa Timur untuk mendapatkan layanan pendidikan selama
darurat COVID-19 ;
2. Melindungi warga satuan pendidikan SDN Sonorejo Kecamatan
Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
dari dampak buruk COVID-19 ;
3. Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan SDN Sonorejo Kecamatan
Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
; dan
4. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik,
peserta didik dan orang tua/wali SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten
Bojonegoro Jawa Timur .
Dan pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19
secara khusus bertujuan untuk:
1. Memberikan wadah bagi peserta didik kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten
Bojonegoro Jawa Timur untuk dapat
mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
2. Memudahkan peserta didik kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan
Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
3. Menyediakan bahan ajar dan aktiItas tambahan untuk tujuan
pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.
4. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap
materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.
C. Prinsip
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR di SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro
Jawa Timur dilaksanakan sesuai dengan
prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam
Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COID 19), yaitu:
1. Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik,
pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi
pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;
2. Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman
belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan
seluruh capaian kurikulum;
3. BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara
lain mengenai pandemi COVID-19 ;
4. Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan
jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta
didik;
5. AktiItas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar
daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi
masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas
BDR;
6. Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik
yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi
skor/nilai kuantitatif; dan
7. Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif
antara guru dengan orang tua/wali.
D. Metode dan
Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Dalam pelaksanaan kegiatan BDR SDN Sonorejo Kecamatan
Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2
(dua) pendekatan: pembelajaran jarak
jauh dalam jaringan (daring) dan pembelajaran
jarak jauh luar jaringan (luring)
1. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring
Pembelajaran di rumah yang dilakukan secara
daring /online menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui group
Whatsap dan Aplikasi Google Drive Forms.
2. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring
Pembelajaran di rumah secara luring
dalam masa BDR dapat dilaksanakan melalui:
a. teleIsi, contohnya Program Belajar dari Rumah melalui TVRI;
b. radio;
c. modul belajar mandiri dan lembar kerja;
d. bahan ajar cetak; dan
e. alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan
sekitar.
E. Sasaran Pelaksanaan Belajar
Dari Rumah
Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua
tahun pelajaran 2019/2020. Saaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan
sistem daring ini adalah peserta didik kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten
Bojonegoro Jawa Timur Jumlah target
peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak 15
peserta didik.
F. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring
ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.
1.
Perencanaan
Guru merancang pembelajaran jarak jauh
secara daring, meliputi pengembangan materi/bahan ajar dan penyusunan kuis.
2.
Pemetaan dan Analisis Kegiatan
Fungsi pemetaan dan analisis rencana
kegiatan pembelajaran Daring adalah untuk menentukan metode dan jenis aplikasi
apa yang paling cocok digunakan untuk pembelajaran daring di SDN Sonorejo
Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur . Karena tidak semua jaringan internet memadai
di semua siswa SDN Sonorejo.
3.
Materi Ajar
Untuk materi ajar yang kami berikan
pada kelas 6 SDN Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa
Timur meliputi :
a. Penuntasan materi pelajaran tema 8 dan tema 9
b. Materi persiapan evalauasi / Ujian Online
c. Materi belajar TVRI
d. Kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan membantu orang tua
e. Kegiatan yang berkaitan dengan religius / keagamaan
f. Kegiatan yang berkaiatan dengan kesehatan
4.
Pelaksanaan Pembelajaran
Guru membagikan materi/bahan ajar dan
tugas (kuis) melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik kelas 6 SDN
Sonorejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dengan target 15 peserta didik. Peserta didik
membaca materi dan mengerjakan tugas (kuis) dari rumah dengan alokasi waktu
yang disepakati.
5.
Penilaian (Evaluasi)
Guru memberikan nilai dari beberapa
foto kegiatan dan penginputan nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta
didik yang dikirimkan melalui email masing-masing.
G. Hasil
Laporan Kegiatan
1.
Laporan Pembelajaran Daring tanggal 11 Maret s/d 31 Maret
Berikut ini langkah kegiatan
pembelajaran daring untuk tahap awal
v Jadwal kegiatan
a.
Hari Senin
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah,
khususnya sholat shubuh.
b.
Hari
Selasa
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan
guru
c.
Hari Rabu
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua
dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)
d.
Hari Kamis
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan
guru
e.
Hari Jumat
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan
kegiatan baca Al’Quran
f.
Hari Sabtu
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu
tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)
v Laporan kegiatan
Tabel 1.1 Kegiatan Harian
NO |
TANGGAL |
URAIAN KEGIATAN |
KET. |
1 |
13 Juli 2020 |
Ø Perencanaan Kegiatan
Belajar Daring |
|
2 |
14 Juli 2020 |
Ø Pemetaan dan analisis
Persiapan kegiatan Daring |
|
3 |
15 Juli 2020 |
Ø Pembentukan Group belajar
Whatsap |
|
4 |
16 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 1
Subtema 1 Ø Dan foto kegiatan |
|
5 |
17 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 1
Subtema 1 Ø Soal daring dari google
forms |
|
6 |
18 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 1
Subtema 1 Ø Foto kegiatan Ø Materi MTK |
|
7 |
20 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 1 Ø Soal daring dari google
forms |
|
8 |
21 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 2 Ø Foto kegiatan |
|
9 |
21 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 2 Ø Foto
kegiatan olahraga |
|
10 |
23 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 2 Ø Pemberian
materi MTK |
|
11 |
24 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 2 |
|
12 |
25 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 3 Ø Soal
google forms |
|
13 |
26 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 3 Ø Foto
kegiatan |
|
14 |
27 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 3 Ø Soal
google froms |
|
15 |
28 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 8 Subtema 3 Ø Foto
kegiatan |
|
16 |
30 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 1 Ø Materi
MTK Ø Foto
kegiatan |
|
17 |
31 Juli 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9 Subtema 1 Ø Soal
google froms |
|
Tabel 1.2 Partisipasi Kegiatan Harian
No |
Nama Siswa |
Partisipasi Siswa |
||||||||||||
Tanggal |
||||||||||||||
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
23 |
24 |
26 |
27 |
28 |
30 |
31 |
||
1 |
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan kegiatan :
Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret
ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :
a. Ada beberapa siswa yang belum memiliki HP / Android
b. Kendala sinyal siswa
c. Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet
d. Siswa belum terbiasa dengan metode daring / online
Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan
Maret diantaranya :
a. Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang
diberikan
b. Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya
c. Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua
2.
Laporan Pembelajaran Daring tanggal 1 April s/d 18 April
Berikut ini langkah kegiatan
pembelajaran daring untuk tahap bulan ke-2
v Jadwal kegiatan
a.
Hari Senin
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah,
khususnya sholat shubuh.
b.
Hari
Selasa
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan
guru
c.
Hari Rabu
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua
dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)
d.
Hari Kamis
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan
guru
e.
Hari Jumat
·
Pembelajaran materi tema
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan
kegiatan baca Al’Quran
f.
Hari Sabtu
·
Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu
tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)
g.
Mulai
tanggal 13 Mei 2020 dilaksanakan ujian online / daring
Tabel 1.3 Kegiatan Harian
NO |
TANGGAL |
URAIAN KEGIATAN |
KET. |
1 |
1 Mei 2020 |
Ø Melihat
tayangan TVRI untuk kelas tinggi Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 1 Ø Dan foto kegiatan |
|
2 |
2 Mei 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 2 Ø Pemberian
soal online Ø Dan foto kegiatan |
|
3 |
3 Mei 2020 |
Ø Melihat
tayangan TVRI untuk kelas tinggi Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 2 Ø Dan foto kegiatan |
|
4 |
4 Mei 2020 |
Ø Melihat
tayangan TVRI untuk kelas tinggi Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 2 Ø Dan foto kegiatan |
|
5 |
6 Mei 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 2 Ø Pemberian
materi MTK Ø Dan foto kegiatan |
|
6 |
7 Mei 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 3 Ø Pemberian
soal online Ø Dan foto kegiatan |
|
7 |
8 Mei 2020 |
Ø Melihat
tayangan TVRI untuk kelas tinggi Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 3 Ø Dan foto kegiatan |
|
8 |
9 Mei 2020 |
Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 3 Ø Pemberian
soal online Ø Dan foto kegiatan |
|
9 |
11 Mei 2020 |
Ø Melihat
tayangan TVRI untuk kelas tinggi Ø Memberikan Tugas Belajar
Tema 9
Subtema 3 Ø Dan foto kegiatan |
|
10 |
13 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online Bahasa Indonesia |
|
11 |
14 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online MTK |
|
12 |
15 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online IPA |
|
13 |
16 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online PKN |
|
14 |
17 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online IPS |
|
15 |
18 Mei 2020 |
Ø Pemberian
Soal Ujian Online SBK |
|
No |
Nama Siswa |
Partisipasi Siswa |
||||||||||||||
Tanggal |
||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
6 |
7 |
8 |
9 |
11 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
||
1 |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
|
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
2 |
|
V |
V |
V |
V |
V |
|
V |
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
3 |
|
V |
V |
V |
|
|
|
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
4 |
|
V |
V |
V |
V |
V |
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
V |
5 |
|
|
V |
V |
V |
V |
|
V |
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
6 |
|
V |
V |
V |
V |
V |
|
|
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
7 |
|
|
V |
V |
|
|
V |
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
8 |
|
V |
V |
V |
|
|
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
V |
9 |
|
|
V |
V |
V |
V |
|
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
10 |
|
|
V |
V |
|
|
|
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
V |
11 |
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
12 |
|
V |
V |
V |
|
|
|
|
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
13 |
|
V |
V |
V |
V |
V |
|
|
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
14 |
|
V |
V |
V |
|
|
V |
|
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
V |
15 |
|
|
V |
V |
|
|
|
|
V |
|
V |
V |
V |
V |
V |
V |
Catatan kegiatan :
Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret
ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :
a. Semua siswa telah memiliki HP / Android
b. Kendala sinyal siswa
c. Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet
d. Siswa mulai jenuh dengan metode belajar online
Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan
Maret diantaranya :
a. Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang
diberikan
b. Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya
c. Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua
d.
Siswa menjadi banyak tau referensi
materi – materi dari situs daring/online
H. Penutup
Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh I SDN Sonorejo
Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dengan Sistem Daring kami susun. Laporan ini
sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah dan Dinas
Terkait atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.
LAMPIRAN……
gamba depan dak sesuai dengan isi hoooo
BalasHapus